Rendang Daging dan Serba-Serbinya





Rendang Daging


Kita absen dulu ya, siapa di sini yang tidak kenal dengan rendang daging hayo? Kok pada diam sih? Ya iya lah, rasanya semua warga negara Indonesia kenal dengan yang namanya rendang daging. Meskipun berasal dari Negeri Ranah Minang tetapi bisa dibilang hampir semua warga negara Indonesia menyukainya. Bahkan rendang daging dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, beh…mantab kan?

Memasak Rendang Daging


Ngomongin rendang daging, kalian sudah pernah masak rendang daging belum? Ternyata membuat rendang daging itu amazing lho. Mengapa? Karena untuk mendapatkan rendang yang enak dan tahan selama 1 bulan meski tidak dimasukkan ke lemari pendingin itu butuh waktu sampai berapa jam, kecuali kalau rendangnya mau langsung dimakan ya tidak perlu selama itu, cukup dimasak sampai kuahnya benar-benar kering maka rendang akan tahan selama 3-4 hari.

Foto di atas aku ambil saat bantu para ibu memasak rendang saat pesta nikahan sepupu. Masaknya kan lama, jadi para ibu bergantian mengaduk santan sampai akhirnya santan menjadi minyak. Aku ikut ambil bagian juga dong sekalian belajar tapi menyerah setelah merasa dikejar-kejar asap hehe.

Memotong daging juga tidak sembarangan. Para senior di dapur mengajariku kalau memotong dagingnya harus melihat serat daging. Agar rendang daging yang dimasak nanti bertekstur empuk maka dagingnya harus dipotong melawan serat. Kalau dipotong searah serat daging meski kita menggunakan daging terbaikpun hasilnya bisa saja tidak sesuai dengan harapan.

Ini nih yang bikin aku jarang masak rendang. Masak rendang hanya pada momen-momen tertentu saja, belum kuat aku masak santan kelapa di depan api sampai berapa jam terus meratiin serat daging itu, enak kalau masaknya dikit nah kalau sedang pengen masak banyak gimana coba hehheee…

Untuk bumbu rendang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk,daun kunyit, jintan, merica, kemiri, ketumbar, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai. Siapkan juga kelapa goreng halus. Kalau dilihat-lihat lengkap banget ya tuh bumbu.

Semua bumbu selain daun jeruk, daun kunyit dan daun salam digiling halus dan ditumis sampai harum. Lalu masukkan daging yang sudah dipotong-potong. Kemudian masukkan minyak kelapa yang sudah kita masak sebelumnya. Masukkan pula kelapa goreng halus dan campur rata.

Tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian masak sampai daging lembut. Sekitar 15 menit sebelum diangkat masukkan daun kunyit yang sudah diiris halus. Sajikan dengan taburan bawang merah.

Rendang Daging Di Setiap Kesempatan


1. Teman nongkrong bareng teman
Kapan kalian biasa makan rendang daging? Kalau aku bisa kapan saja. Karena aku dan teman-teman dekatku adalah sejenis manusia yang kalau makan carinya rumah makan Minang, jadi makan rendang daging saat jalan adalah hal yang biasa.

2. Lauk spesial di hari spesial
Ingat iklan rebutan rendang beberapa waktu lalu? Itu membuktikan kalau rendang biasanya ada di acara nikahan, termasuk acara nikahanku kemarin.

3. Teman perjalanan jauh
Pada tahu lah ya kalau rendang adalah makanan yang awet. Jadi rendang sangat cocok untuk dijadikan bekal perjalanan. Ga perlu takut lauknya basi, enak lagi.

4. Oleh-oleh untuk yang tersayang
Rendang daging yang nikmat tentu saja bisa jadi oleh-oleh saat ita mengunjungi yang tersayang. Atau kamu bisa kasi oleh-oleh rendang daging untuk aku lho :D
Keren ya memang si rendang daging. Tapi kalau ga mau repot masak rendang daging bisa berkunjung ke https://foodstocks.id/ atau lihat IG foodstoks di @foodstocksid. Rendang dagingnya recommended.