Kandungan Gizi dalam Rendang


Nah, dari berbagai kenikmatan rasa yang ada pada rendang tersebut, kira-kira apa saja sih kandungan gizi dan kalori yang ada pada rendang? Yuk kita simak di bawah ini!

1. Rendang sumber protein hewani
Rendah dari daging sapi memberikan asupan protein yang baik untuk tubuh. Dalam satu porsi daging rendang, setara dengan 7 gram protein. Angka ini termasuk tinggi dan bisa memenuhi hampir 1/3 kebutuhan protein orang dewasa. Kandungan protein yang tinggi pada rendang ini membuat tubuh lebih bertenaga dan mampu mengganti sel tubuh yang rusak dengan baik. Protein yang cukup dari konsumsi rendah juga baik untuk membentuk massa otot dan pertumbuhan untuk anak-anak.

2. Kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi
Ada beberapa jenis kandungan lemak yang ada pada rendang, yaitu lemak jenis asam lemak rantai pendek dan menengah. Hal ini wajar mengingat rendah daging dibuat dari santan yang juga memiliki kandungan lemak, sehingga ada cukup banyak kandungan lemak pada rendang. Kondisi inilah yang menyebabkan konsumsi rendang berlebihan akan menyebabkan kadar lemak dalam tubuh dan darah meningkat serta menyebabkan peningkatan berat badan.

3. Kandungan vitamin dan antioksidan dari perpaduan daging, bumbu, dan rempah
Rendang memiliki kandungan vitamin yang padat, yaitu kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A serta vitamin B1. Selain itu, kandungan antioksidan dan fitonutrien juga datang dari berbagai bumbu dan rempah yang mengandung antioksidan. Zat antioksidan ada pada bumbu daun serai, daun jeruk, merica, kunyit. Penggunaan cabai memberikan asupan zat capsaicin yang bersifat antibakteri hingga analgesik.


Sumber: DokterSehat.com
Link: https://doktersehat.com/kalori-dan-cara-sehat-makan-rendang/